Minggu, 07 Juni 2015



KELOMPOK  NELAYAN
BAHARI BIRU
DESA PEMATANG SERAI  KECAMATAN TANJUNG PURA KAB. LANGKAT
Sekretariat : Jalan Pulau Banyak Dusun VI Desa Pematang Serai kec.Tanjung Pura  20853
 

Nomor     : 02/KN-BB/PS/TP/IV/2015            Pematang Serai,  09   April     2015
Lamp       : 1 (satu ) Set.
H a l         : MOHON BANTUAN                    Kepada Yth   :
                                                                       BAPAK KEPALA DINAS PERIKANAN                               
                                                                       DAN KELAUTAN KAB.  LANGKAT
                                                                            di –
  Stabat


Dengan Hormat,
Bersama ini kami Kelompok  Nelayan  Bahari Biru  Desa Pematang Serai kecamatan Tanjung Pura dalam upaya peningkatan produktivitas usaha penangkapan ikan yang dihasilkan oleh anggota –anggota Kelompok  Nelayan  Bahari Biru  , serta kesinambungan kegiatan kelompok dan sasaran jangka panjang kesejahteraan anggota di dalamnya. Dimana semua komponen melakukan usahanya selama ini dengan cara tradisional dan peralatan seadanya juga  kelompok bersama-sama mengelola sumber daya yang ada untuk seoptimal mungkin dimanfaatkan bagi kesejahteraan kelompok.
Sejalan dengan hal tersebut Kelompok  Nelayan  Bahari Biru  dalam usaha untuk meningkatkan taraf kehidupan perekonomian dan kesejahteraan para anggotanya untuk itu kami mengajukan permohonan bantuan alat tangkap ikan dan intensifikasi teknik penangkapan ikan dilaut  kepada Bapak untuk Kelompok  Nelayan  Bahari Biru  Desa Pematang Serai Kecamatan Tanjung Pura.

Demikianlah permohonan bantuan ini di sampaikan atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Pengurus Kelompok  Nelayan
Bahari Biru  Desa Pematang Serai
Ketua,                                  Sekretaris



                                                   Mukhlis Tambunan                      Edi Hartanto
                                                     
Diketahui oleh :
Kades Desa Pematang Serai                PPL Perikanan  Tanjung Pura,




RAHMADSYAH SE.                        DONI AULIANSYAH S.pi









PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN
ALAT TANGKAP IKAN DAN
INTENSIFIKASI TEKNIK PENANGKAPAN IKAN DILAUT


I.     PENDAHULUAN

Pembangunan daerah merupakan suatu proses dimana semua komponen pembangunan bersama-sama mengelola sumber daya yang ada untuk seoptimal mungkin dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat baik lahir maupun batin.
Dalam hal  pengelolaan  baik  itu   sumber daya  alam   ( SDA ) maupun  sumber  daya  manusia ( SDM ) Kelompok Nelayan  Bahari Biru  Desa Pematang Serai yang terdiri dari beberapa lapisan masyarakat merupakan sarana yang tepat bagi pengembangan berbagai wirausaha, sebagai langkah dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan menambah pendapatan untuk pembiayaan kegiatan kepengurusan organisasi Kelompok Nelayan  Bahari Biru  Desa Pematang Serai Kecamatan Tanjung pura Kabupaten langkat.
Sebagai kelompok Nelayan, eksistensi Kelompok Nelayan  Bahari Biru  Desa Pematang Serai dalam membantu mensosialisasikan program-program pemerintah baik pusat maupun daerah yang berkaitan dengan peningkatan alat tangkap dan intensipikasi untuk nelayan, dalam upaya partisipasi masyarakat terhadap visi dan misi pemerintah khususnya pemerintah daerah kabupaten Langkat yaitu “ terwujudnya Kabupaten Langkat sebagai daerah agribisnis, pariwisata ,industri, yang berwawasan lingkungan dan religius serta berbudaya melalui pembangunan berbasis gotong royong”. 
            Dipandang dari aspek ekonomi dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Langkat memiliki potensi sumber daya perikanan yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jenis ikan air yang terdapat di laut kabupaten Langkat.
            Dalam menentukan keberhasilan usaha penangkapan ikan pada dasarnya tergantung pada jenis alat tangkap yang disesuaikan dengan musim yang terjadi. Jika alat tangkap yang memadai, maka nelayan akan dapat meningkatkan hasil tangkapnya dan hal ini tentu akan menjadi peningkatan ekonomi bagi nelayan tersebut.
Salah satu jenis usaha swakelola yang memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia berupa  lautan luas Selat Malaka yang dijadikan sarana pengembangan usaha nelayan. Sebagai langkah otentik dalam memanfaatkan sumber daya alam ( SDA ) dan memberdayakan sumber daya manusia ( SDM ) yang saat ini dikembangkan oleh kelompok Nelayan  Bahari Biru  adalah segmen Penangkapan ikan.


II.                DASAR PEMIKIRAN 

Kelangsungan hidup tumbuh kembang perlindungan dan partisipasi merupakan hak semua anggota masyarakat secara universal di Indonesia, bahwa kesejahteraan sosial ekonomi harus dapat dirahasiakan oleh seluruh lapisan masyarakat secaraa merata sebagai implementasi dari pengentasan kemiskinan. kesejahteraan sosial dan pengentasan kemiskinan bagi seluruh rakyat indonesia yang telah diprogramkan oleh pemerintah, tidak akan berjalan lancar tanpa adanya partisipasi dari komponen seluruh bangsa yang peduli terhadap anggota masyarakat prasejahtera dalam jangka panjang apabila kepedulian terhadap mereka tidak dibangkitkan dari sekarang, maka akan menimbulkan efek yang tidak baik terhadap generasi mendatang.

III.                PENGERTIAN

Sebelumnya terlebih dahulu perlu disampaikan ada beberapa pengertian yang peru dipahami dalam pelaksanaan kegiatan Nelayan yang akan dilaksanakan oleh  Kelompok Nelayan Bahari Biru  Desa Pematang Serai, antara lain :
1.     Pelayanan kesejahteraan anggota adalah proses atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, sistematis dan profesional terhadap anggota yang memungkinkan terpenuhinya hak anggota, yaitu kelangsungan hidup, tumbuh kembang perlindungan dan partisipasi.
2.     Anggota yang dimaksudkan dalam program ini adalah orang-orang yang tergabung dalam kelompok dan melakukan kegiatan yang sama yaitu kegiatan usaha Penangkapan ikan di laut.
3.     Jaringan kerja, adalah suatu strategi yang dilakukan untuk pencarian system sumber yang dapat memperkuat dan mendukung peningkatan produksi untuk mendapatkan pendapatan lebih melalui koordinasi, sosialisasi, konsultasi, negosiasi sampai advokasi baik vertical maupun horizontal dengan pihak-pihak terkait didalamnya.


IV.               TUJUAN

Kelompok Nelayan Bahari Biru  Desa Pematang Serai  bertujuan mengajak semua lapisan masyarakat sekitar khususnya yang tergabung dalam kelompok untuk melaksanakan sebuah program kegiatan bersama yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dasar para anggota dalam melaksanakan kegiatannya yang ada pada akhirnya dapat mensejahterakan para anggotanya, oleh sebab itu tujuan program ini adalah :
1.      Dapat melakukan penangkapan ikan secara berkesinambungan sesuai dengan musim ikan dan jenis alat yang digunakan.
2.      Memperluas daya tempuh/jangkauan jarak dengan penggunaan mesin motor yang memadai.
3.      Meningkatkan produktivitas tangkapan ikan.
4.      Meningkatkan jumlah pasokan ikan di pasar local dan regional.
5.      Menyelamatkan hasil tangkapan ikan dengan penanganan pasca panen secara terpadu.
6.      Meningkatkan pendapatan anggota kelompok dan masyarakat sekitarnya.
7.      Meningkatkan Pendapatan ASli Daerah ( PAD )
8.      Adanya bantuan pembiayaan dari berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah dalam memenuhi kekurangan-kekurangan sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan nelayan yang dilaksanakan oleh Kelompok Nelayan Bahari Biru  Desa Pematang Serai.

V.                 SASARAN

Sasaran program kegiatan kelompok Nelayan Bahari Biru  Desa Pematang Serai adalah sebagai berikut :
1.      Tersedianya lapangan pekerjaan yang lebih optimal bagi anggota kelompok dan keluarganya.
2.      Mendapatkan penghasilan yang maximal melalui usaha yang produktif dan terpadu.
3.      Meningkatkan kemampuan usaha ekonomi
4.      Memperluas jaringan usaha ekonomi
5.      Meningkatkan jumlah Usaha Produktif khususnya penangkapan ikan laut di wilayah Kecamatan Tanjung Pura.
6.      Meningkatkan pasokan ikan untuk tujuan konsumsi dan industri.
7.      Meningkatkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan bagi masyarakat.


8.      Meningkatkan kemampuan kelompok nelayan selaku dinamisator pembangunan,yaitu sebagai penggerak bagi lingkunan sekitarnya.
9.      Melakukan usaha yang saling mendukung antara berbagai komponen yang terlibat di dalamnya.Meliputi penyediaan peralatan nelayan,pabrik mesin dan perahu,bengkel service yang berkwalitas.Dan terbentuknya usaha – usaha baru termasuk pabrik Es dan pengolahan ikan.


VI.               BANTUAN YANG DIHARAPKAN
              Rencana kegiatan pembuatan usaha dengan menggunakan Kapal Boat dan Jaring ikan ini disesuaikan dengan realisasi dari proposal yang diajukan dan usaha pencarian dengan menggunakan alat dimaksud sesuai dengan kondisi atau musim Jumlah biaya yang diperlukan untuk bagi Kelompok Nelayan Bahari Biru seperti terinci dibawah ini :
NO
URAIAN
VOLUME
1
Mesin Yamaha 15 PK
1 buah
2
Sampan Boat
1 buah
3
Jaring Gembung
6 kepala
4
Jaring Apollo
6 kepala
5
Tali Kajar
120 Bal
6
Plampung Besar
60 Buah
7
Plampung kecil
60 Buah
8
Batu Timah
1200 Buah
9
Tali Nilon
40 Unting
10
Baju Pelampung
20 Buah
11
Box Fiber Pendingin
10 Buah



                    


VII.          PROFIL KELOMPOK NELAYAN  BAHARI BIRU    DESA PEMATANG SERAI KECAMATAN TANJUNG PURA

Nama Kelompok                                             : BAHARI BIRU
Nomor Identitas kelompok
Pelaku Utama (NIKPU)                                 : 102.140.046
Alamat Kelompok                                           : Jalan Pulau Banyak Dusun IV Desa Pematang Serai
                                                                          Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat
                                                                          Propinsi Sumatera Utara
Jumlah Anggota                                              : 10 Orang
Tanggal Pembentukan                                     : 16  Februari  2008
Tanggal Pengukuhan                                       : 16  Februari  2008
No. SK Pengukuhan                                       : 141-07/SK/II/2008
Bentuk Kelompok                                           : POKDAKAN
Kelas Kelompok                                             : PEMULA
Nama Pengurus Kelompok
·         Ketua                                                       : Mukhlis Tambunan
·         Sekretaris                                                 : Edi Hartanto
·         Bendahara                                               : Zainal Abidin


·         Seksi Saprokan                                        : Hardianto
·         Seksi Pemasaran                                      : Syaiful Ramdani
·         Seksi Produksi                                         : Kamaluddin
·         Seksi Humas                                            : Juli Ramdani
·         Seksi Keamanan                                      : M. Rasyid
·         Anggota                                                   : Rusmain
·         Anggota                                                   : Darmawan




VIII.             PENUTUP
                       

                        Demikianlah pengajuan permohonan bantuan alat Tankap ikan ini kami sampaikan. Besar harapan pengajuan ini dapat terealisasi supaya dapat menunjang keberlangsungan kegiatan yang kami laksanakan dan atas partisipasinya kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.


                      Pematang Serai,  09   April     2015
Pengurus Kelompok  Nelayan
Bahari Biru  Desa Pematang Serai
Ketua,                                  Sekretaris




                                                 Mukhlis Tambunan                   Edi Hartanto
                                                     
Diketahui oleh :
Kades Desa Pematang Serai                PPL Perikanan  Tanjung Pura,






RAHMADSYAH SE.                        DONI AULIANSYAH S.pi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar